Resep Bihun Jagung

7/04/2015
Resep Bihun Pandan

Siapa yang tidak mengenal kue putu ayu. Rasanya yang empuk dan lembut ini ternyata tidak rumit. Kue tradisional yang manis ini sampai saat ini masih menjadi jajanan pasar yang favorit karena memiliki ciri khas tersendiri yaitu parutan kelapa di atasnya. Namun, kali ini kami akan menyampaikan resep inovasi dari kue putu ayu, yaitu bihun jagung
Bihun yang biasanya dijadikan sebagai bahan untuk bakso, soto atau bihun goreng ini, sekarang bisa pula dijadikan sebagai bahan dasar kue. Kue bihun pandan ini juga tidak kalah nikmatnya dengan kue putu ayu. Nah, apabila Anda ingin membuat kue bihun pandan, tepat rasanya karena kami akan berbagi tips mengenai Resep Bihun Jagung yang bisa Anda nikmati bersama keluarga untuk makanan kecil untuk berbuka puasa. Langsung saja, berikut ulasannya.
Bahan-bahan :
350 gr bihun jagung
250 gr gula pasir
400 ml santan
9 sendok makan tepung tapioca
Kelapa muda, parut secukupnya
Garam secukupnya
Pewarna merah

Cara Pembuatan :
·         Olesi cetakan dengan menggunakan minyak goreng. Kemudian masukkan kelapa parut di dasar cetakan. Tekan-tekan agar parutan kelapa memadat.
·         Masukkan air hingga mendidih, lalu masukkan bihun jagung. Rebus selama kurang lebih 5 menit. Angkat dan tiriskan.
·         Tunggu hingga bihun agak dingin. Potong kecil-kecil bihun tersebut kurang lebih sepanjang 1-2 cm.
·         Rebus santan, gula pasir, dan garam hingga mendidihm lalu masukkan bihun dan pewarna makanan merah. Aduk rata dan biarkan mendidih. Angkat.
·         Tuangkan tepung tapioca pada adonan selagi panas. Aduk cepat hingga tercampur rata dan adonan mengental.
·         Tuangkan adonan dalam cetakan. Kemudian kukus dalam dandang yang telah panas selama kurang lebih 30 menit. Angkat dan sajikan.

Itulah yang bisa kami sampaikan  tentang Resep Bihun Jagung. Semoga dengan adanya resep diatas akan membantu Anda dalam membuatnya. Selamat mempraktekkannya di rumah. Ikuti pula resep – resep lainnya yang berkaitan dengan resep untuk hidangan berbuka puasa dan hidangan lebaran.


Artikel Terkait