Sop Konro Makasar

6/29/2015
Resep dan Cara Membuat Sop Konro Makassar

Sop Konro Makassar adalah salah satu masakan tradisional yang memiliki cita rasa khas dan unik. Makanan ini sangat diminati di kota asalnya, juga di beberapa kota lain. Ya, sop konro makassar bukan hanya disukai oleh orang makassar saja, namun disukai juga oleh masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena selain memiliki rasa yang enak, sop konro makassar juga sangat mudah untuk dibuat. Apakah anda ingin Membuat Sop Konro Makassar? Anda berada di blog yang tepat, karena kami akan memberikan anda tips tentang bagaimana cara membuatnya. Ulasan yang kami berikan sangatlah lengkap, karena mencakup tentang resep juga cara membuatnya. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan simak di bawah ini.
Sop Konro Makassar akan sangat cocok disajikan saat cuaca dingin atau hujan, dan akan lebih nikmat jika ditemani dengan teh hangat. Ulasan Resep yang kami berikan ditulis dengan cara yang singkat namun padat supaya pembaca dapat memahami isi dengan mudah.

Resep dan Cara Membuat Sop Konro Makassar

Bahan Sop Konro:
·         Air kaldu sapi sebanyak 1300 ml
·         500 gram iga sapi
·         2 butir cengkih
·         2 cm lengkuas, kemudian parut
·         ½ cm kayu manis
·         1 cm jahe, kemudian parut
·         1 sendok makan air asam jawa
·         3 butir kapulaga
·         2 sendok makan minyak goreng

Bumbu Halus:
·         6 siung bawang merah
·         2 siung bawang putih
·         3 butir kemiri sangrai
·         1 buah kluwak, ambil daginnya lalu rendam menggunakan air panas
·         1 cm kunyit
·         2 sendok makan kelapa sangrai
·         ½ sendok teh jinten
·         Garam secukupnya
·         1 sendok teh ketumbar
·         ¼ sendok teh merica bubuk


Taburan Sop Konro Makassar:
·         Bawang merah goreng secukupnya
·         2 batang daun bawang yang sudah diiris tipis


Cara Memasak Sop Konro Makassar:
·         Rebus air kaldu sampai benar-benar mendidih.
·         Lalu masukkan iga sapi, rebus hingga matang dan empuk. Jika sudah terasa empuk dan lunak, angkat iga sapi tersebut.
·         Panaskan minyak dalam api sedang, lalu timis bumbu halus, kayu manis, jahe, kapulaga, lengkuas, dan cengkih. Biarkan hingga muncul bau harum, lalu angkat.
·         Masukkan bumbu tumis pada rebusan iga sapi, aduk hingga merata.
·         Tuangkan air asam, lalu didihhkan. Setelah mendidih, angkat air asam tersebut.
·         Tuangkan sup pada mangkung saji berukuran sedang. Supaya menambah cita rasa, taburkan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan selagi hangat.


Itulah Resep dan Cara Membuat Sop Konro Makassar. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan menyajikannya pada keluarga tercinta. Membuat masakan sendiri tentu akan terasa lebih spesial, terutama bagi anda yang sudah berkeluarga. Suasana rumah akan lebih hangat karena anda membuat masakan yang dibuat secara khusus dan spesial. Selain itu, anda juga bisa menghemat uang belanja, karena membuat masakan sendiri akan jauh lebih ekonomis dibanding membeli masakan yang sudah jadi. Untuk menambah variasi, anda juga bisa menambahkan beberapa hiasan pada sajian tersebut, supaya terkesan lebih mewah dan cantik. Sekian ulasan yang bisa kami bagikan tentang Resep dan Cara Membuat Sop Konro Makassar, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Jika anda membutuhkan resep lain, anda juga bisa mendapatkannya di blog ini. Kami menyediakan sebanyak mungkin Resep Masakan dari berbagai daerah, yang tentu saja memiliki cita rasa yang lezat. Terima kasih sudah menyimak, dan selamat memasak.


Artikel Terkait