Resep Masakan Khas Aceh Yang Asam Pedas Nikmat

6/05/2015
Sambal Asam teri khas Aceh
Walaupun resep masakan khas Aceh belum begitu banyak dijual di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor atau Bandung. Namun tahukah anda jika resep yang satu ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, dan telah banyak dimasak sebagai masakan sehari-hari di banyak wilayah seperti di Pulau Jawa, Madura dan Bali. Resep tersebut adalah resep Sambal Asam teri khas Aceh. Jika anda termasuk penyuka masakan yang satu ini namun anda tidak tahu harus membeli dimana maka anda sebaiknya memasak sendiri masakan khas Aceh ini, berikut ini resepnya.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan Dalam Resep Masakan Khas Aceh
50 gram teri medan kering yang telah direndam selama beberapa saat lalu digoreng hingga kering
3 buah belimbing sayur berukuran sedang atau tergantung selera anda.
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
5 buah cabe rawit
5 lembar daun jeruk ambil daunnya saja dan buang bagian tulang daunnya lalu iris halus.

Cara Membuat Sambal Teri Dengan Resep Masakan Khas Aceh
  1. Geprek bawang dan cabe lalu ulek namun jangan terlalu halus.
  2. Selanjutnya masukkan belimbing sayur yang telah diiris dan dibersihkan. Jangan lupa buang bagian tengah buah yang ada bijinya lalu uleg, namun juga jangan sampai hancur.
  3. Selanjutnya masukkan ikan teri dan juga daun jeruk, ulek kasar hingga teri agak hancur namun tidak hingga halus.
  4. Sambal teri dengan resep khas Aceh telah selesai dibuat dan siap disajikan.
  5. Sajikan bersama dengan nasi hangat.
Tips Memasak Sambal Asam Teri Khas Aceh

Dalam memasak sambal asam teri ini sebaiknya tidak ditambahkan garam karena jika anda menggunakan bahan baku teri biasanya ikan teri ini sudah mengandung rasa asin yang cukup untuk memberi rasa pada masakan. Namun jika anda tidak begitu menyukai ikan teri maka bahan baku ikan teri ini bisa diganti dengan 100 gram udang yang telah dikupas kulitnya. Lalu ditambahkan sedikit garam untuk member rasa asin pada udang yang sifatnya rasanya masih netral. Demikian resep masakan khas Aceh ini semoga dapat memperluas wawasan anda di bidang kuliner nusantara.

Deskripsi: Resep masakan khas Aceh berupa sambal asam teri ini selain disajikan bersama nasi hangat bisa dilengkapi dengan berbagai macam lauk seperti telur, tempe, tahu dan lauk lainnya.

Artikel Terkait